Kerjaan Kantor

Merangkai Konten Website Prodi, memajukan website Fakultas

Sejak bulan Januari hingga Februari, saya melakukan beberapa sharing singkat tentang penguatan Laman Sesawang (website) Program Studi di lingkungan Universitas Maritim Raja Ali Haji di beberapa Program Studi seperti Prodi Sosial Ekonomi Perikanan, Ilmu Hukum, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Matematika.

Selain membantu untuk akreditasi maupun Re-Akreditasi , penguatan konten website ini juga sebagai bagian dari upaya promosi program studi sekaligus upaya strategis untuk menunjang pilihan konten website Fakultas. Penguatan konten website ini juga sebagai pemenuhan rencana aksi Target kinerja UPT Pusat TIK UMRAH sampai triwulan kedua 2019

Di UMRAH, kami menggunakan WordPress Multi-site untuk kemudahan pengelolaan website prodi dengan menjadikannya bagian dari website Fakultas (subdomain).

Dengan bantuan Teknologi REST API dalam plugin Distributor yang dirilis oleh 10up, konten Website Prodi yang sudah terbit, dengan sekali klik bisa langsung tampil di website Fakultas. Hal ini tentu memberikan khazanah konten kepada website Fakultas karena semakin aktif prodi mengelola situs webnya, semakin banyak konten dalam web fakultas yang disalin dari web Prodi.

Dalam sharing/workshop web prodi yang sudah-sudah, saya merancang suatu model dimana Unit Pengelola Program Studi Berkolaborasi dengan Mahasiswa sebagai kreator konten jurnalistik. Mahasiswa dilibatkan sebagai kontributor/peliput kegiatan Prodi, konten yang mereka submit kemudian di-review oleh Admin Website Prodi, umumnya dosen atau staff prodi. Setelah review selesai maka konten liputan yang layak tayang akan diterbitkan di website Prodi. Mirip seperti workflow Redaksi media umumnya. Wajar, karena website prodi dapat dikategorikan sebagai Owned-Media.

Sering saya sampaikan dalam workshop bagaimana membuat Liputan Jurnalistik sesuai konsep Piramida Terbalik, Straight news. Selain mahasiswa, dosen prodi perlu mengetahui ini, supaya dosen juga bisa menjadi konten kreator dari bidangnya, misalnya dosen suatu prodi itu mengikuti seminar internasional di dalam negeri maupun di luar negeri, tentu berita tentang bagaimana dosen itu menyampaikan makalahnya serta esensi pemaparan nya tentu menjadi konten berita yang menarik.

“Merangkai Konten Website Prodi, memajukan website Fakultas”

adi pranadipa, 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *